HUBUNGAN PELAYANAN TENAGA KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS

Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah

  • Muhammad Sukri Program Studi Ilmu Keperwatan STIKES Muhammadiyah Sidrap
  • Bambang Roesmono Program Studi DIII Kesehatan Gigi STIKES Muhammadiyah Sidrap
  • Hajriana Hajriana Program Studi Ilmu Keperwatan STIKES Muhammadiyah Sidrap
Keywords: Pelayanan kesehatan, Kepuasan pasien, BPJS

Abstract

BPJS kesehatan merupakan badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program pelayanan kesehatan. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh hubungan pelayanan tenaga kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien peserta BPJS di ruang rawat inap di Rumah sakit umum Arifin Nu’mang Rappang Kabupaten Sidrap. Penelitan deskriktif analitik ini dilakukan pada 01 Mei s.d 02 Juni 2017 di Rumah sakit umum Arifin Nu’mang Rappang populasi penelitian ini adalah peserta BPJS yang di rawat di ruang rawat inap Rumah sakit sejak Juni s.d Juli 2017. Sampel penelitian sebanyak 61 orang diperoleh melalui tekhik pengambilan sampel secara proposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien peserta BPJS terhadap pelayanan kesehatan di Rumah sakit umum Arifin Nu’mang adalah sangat puas sebanyak 77,0%  dan tidak puas sebanyak  23,0%. Hasil uji statistic dengan Chi-square dengan nilai p = 0.023 dengan tingkat keamanan 0,05. Hasil menunjukkan bahwa ada hubungan antara pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan pasien peserta BPJS di Rumah sakit umum Arifin Nu’mang Rappang Kabupaten Sidrap. Kesimpulan dan saran dari penelitian ini adalah   diharapkan pihak rumah sakit agar lebih meningkatkan pelayanan kesehatan untuk meningkatkan kepuasan pada pasien, terkhususnya pada peserta BPJS maupun non BPJS. 

References

Agus. (2015). Gambaran pengetahuan peserta BPJS terhadap alur pelayanan rawat jalan di RSU Imelda pekerja Indonesia (IPI) Medan. Skripsi. Akademik perekam medik dan informasi kesehatan http://apikesimelda.ac.id/images/download/penelitian/kti/1313466023.pdf

Bustamin, (2013). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya ciracas, jakarta: Penerbit Erlangga

Daryanto & Budi. S. (2014). Gambaran kepuasan BPJS terhadap pelayanan kesehatan. Jurnal: STIKES RS .Baptis Kediri.

Depkes RI. (2009). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingakat kepuasan pasien BPJS dipuskesmas kabupaten delanggu. Skripsi,Surakarta:Stikes kusuma husada http://lib.ui.ac.id/naskahringkas/2016-05/S58143-Rahmi%20Wahyuni

Dinkes Kab.Sidrap. (2016). Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS). Sidrap

Hamid. (2014). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan pada peserta BPJS di puskesmas kaniki bawah kacamatan mapanget,jurnal,Universitas Sam Ratulangi Manado https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jikmu/article/download/7180/7388

Jugnis BPJS.(2014). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna Kartu BPJS Kesehatan di puskesmas Mojowarmo Kabupaten Jombang.Jurnal: STIKES Pemkab Jombang http://stikespemkabjombang.ac.id/ejurnal/index.php/April-2014/article/download/55/102

Khoiri & Hermastutik. (2015). Hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien pengguna kartu BPJS kesehatan di Puskesmas Mojowarno Kabupaten Jombang, Jurnal: STIKES Pemkab Jombang

Murtiani (2016). Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS di RSUD Kota Kendari. Skripsi: Universitas Haluoleo Kendari

Rismawati. (2015). Gambaran pengetahuan peserta BPJS terhadap alur pelayanan rawat jalan di RSU Imelda pekerja Indonesia (IPI) Medan. Skripsi. Akademik perekam medik dan informasi kesehatan http://apikesimelda.ac.id/images/download/penelitian/kti/1313466023.pdf

Rekam Medik .Rumah Sakit Umum Arifin Nu’mang Rappang Kac.Pancarijang Kab.Sidrap

Published
2017-07-12
Section
Articles