HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TERHADAP PENCEGAHAN PELECEHAN SEKSUAL PADA ANAK

Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah

  • Hasrul Hasrul Program Studi Ners STIKES Muhammadiyah Sidrap
  • Mutmainnah Mutmainnah Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Muhammadiyah Sidrap
Keywords: Pengetahuan, Pelecehan Seksual

Abstract

Pengetahuan adalah hasil dari tahu dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Orang tua sebagai orang terdekat dengan anak mempunyai peran yang sangat penting dalam mencegah terjadinya kekerasan/pelecehan seksual pada anak Untuk mengatasi masalah ketidak tahuan keluarga perlu dilakukan upaya memberikan pendidikan kesehatan melalui penyuluhan, menganjurkan keluarga mencari informasi baik di media cetak maupun media elektronik serta mengikuti seminar tentang perilaku kekerasan/pelecehan pada anak. Penelitian ini dilaksanakan pada 25 Maret sampai dengan 25 Mei 2018 di Sekolah Dasar Negeri 12 Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan orang tua terhadap pencegahan pelecehan seksual, dengan menggunakan rancangan deskriktif analitik dengan pendekatan Cross Sectonal. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 40 responden, dengan tekhnik Purpossive Sampling melalui pengisian kuesioner. Analisa data menggunakan uji chi-square dengan program komputer SPSS 16. Hasil uji statistik untuk pengetahuan diperoleh nilai ρ = 0,798 >  α = 0,05, untuk sikap diperoleh nilai ρ = 0,001 < α = 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan terhadap pencegahan pelecahan seksual.

References

Anugraheni, E. (2013). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Orang Tua Tentang Pendidikan Seks Dengan Tindakan Orang Tua Dalam Pemberian Pendidikan Seks Pada Remaja Di Kecamatan Sumber Sari Kabupaten Jember. http://repository.unej.ac.id/pdf.
Dina setya. (2015). Hubungan karakteristik orang tua dengan pengetahuan orang tua tentang kekerasan seksual pada anak usia prasekolah (3-5tahun) di kelurahan grogol selatan kebayoran lama jakarta selatan. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream.pdf)..
Eny.K. (2015). Kesehatan Reproduksi Remaja Dan Wanita. Salemba Medika.
Kemenkes RI. (2014). Tingkatkan Kerjasama Dan Kewaspadaan Kekerasan Pada Anak. http://www.depkes.go.id/
KPAI. (2015). Jumlah Kekerasan/Pelecehan Seksual Pada Anak Tiap Tahun Meningkat. www.presidenri.go.id/perempuan-dan-anak/ perlindungan- perempuan-dari-ancaman -kekerasan-seksual.html.
Makassar, Upeks (2014). Data Kekerasan Seksual Sulawesi Selatan Dalam Dua Tahun Meningkat..http://upeks.co.id.
Makassar, Upeks (2014). Data Kekerasan Seksual Sulawesi Selatan Dalam Dua Tahun Meningkat. http://upeks.co.id. Sulsel-kekerasan-seksual-anak-meningkat html.
Rofiq, A.(2014). Survei RI-UNICEF: 1,5 Juta Remaja Alami Kekerasan Seksual 1 Tahun Terakhir. Detik News.
Published
2018-07-28
Section
Articles