HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI POLI UMUM PUSKESMAS LOMPOE KOTA PARE-PARE

Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah

  • Suparta Suparta Program Studi Ners STIKES Muhammadiyah Sidrap
  • Haryono Haryono Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Muhammadiyah Sidrap
  • Asriani Kamsir Puskesmas Lompoe Kota Pare-Pare
Keywords: Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstract

Mutu pelayanan adalah keseluruhan karakteristik barang atau jasa yang menunjukkan kemampuannya dalam memuaskan kebutuhan konsumen, baik berupa kebutuhan yang dinyatakan maupun kebutuhan yang tersirat. Mutu pelayanan kesehatan adalah tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan yang ditetapkan, sehingga menimbulkan kepuasan bagi setiap pasien Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien di poli umum Puskesmas Lompoe kota Pare-Pare Tahun 2018. Penelitian ini telah dilaksanakan di Puskesmas Lompoe pada tanggal 27 juli sampai 15 agustus 2018. Metode penelitian menggunaka desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 127 sampel. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu ada hubungan mutu pelayanan pada ketanggapan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Lompoe Kota Pare-Pare dengan nilai P=0,000, ada hubungan mutu pelayanan pada kehandalan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Lompoe Kota Pare-Pare dengan nilai P=0,016, ada hubungan mutu pelayanan pada empati dengan kepuasan pasien di Puskesmas Lompoe Kota Pare-Pare dengan nilai P=0,000, ada hubungan mutu pelayanan pada jaminan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Lompoe Kota Pare-Pare dengan nilai P=0,009, ada hubungan mutu pelayanan pada bukti fisik dengan kepuasan pasien di Puskesmas Lompoe Kota Pare-Pare dengan nilai P=0,000. Disarankan kepada pihak Puskesmas khususnya pada tenaga kesehatan untuk mempertahankan kualitas pelayanan dari semua dimensi mutu pelayanan untuk menjaga kepuasan pasien dalam setiap pelayanan yang diberikan sehingga pelayanan yang diberikan dapat dirasakan baik bagi pasien.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Azis. (2013). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Bahkti Asih Tangerang.
Azwar. (2010). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah . Pustaka Sinar Harapan. Jakarta
Burhanuddin. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien RSUD Syekh Yusuf Gowa. Jurnal MKMI
.Depkes. RI. (2009). Klasifikasi Umur. Departemen Kesehatan Indonesia.
Husna. (2012). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Bara Permai Kota Palopo. Jurnal AKK Unhas.
Ida. A. (2014). Hubungan Antara Persepsi Mutu Pelayanan Asuhan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Wanggaya Denpasar . Universitas Udayana.
Ilham. (2015). Analisis Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Puskesmas Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah.
Khaidir. (2013). Gambaran tingkat Kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan.
Muh Sultan. (2010). Studi Tentang Mutu Pelayanan Keperawatan Pada Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Prof.Dr.H. Anwar Makkatutu Kabupaten Bantaeng
Ningrum, (2014). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan BPJS Dengan Kepuasan Pasien.
Puji Pertiwi. (2016). Hubungan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Nagrak Sukabumi.
Purnamasari. (2016). Pengaruh Mutu Pelayanan BPJS Terhadap Kepuasan Pasien Di Klinik Penyakit Dalam Sunan Kalijaga Demak.
Racmat Latief. (2014). Analisis Suara Pelanggan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan pada BPRSUD Labuang Baji di Makassar.
Sari, N. (2014). Hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS di Puskesmas Mojowarno Kabupaten Jombang, FKM Universitas Jember.
Siska Hertina. (2012). Analisis Harapan dan Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Metode IPA (important Performance Analiysis) di Puskesmas Kartasura II
Syaputra. (2015). Hubungan Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Instalasi rawat Inap Kelas II Rumah Sakit Umum Sekayu.
Yuli, (2014). Studi Kualitas Pelayanan Kesehatan di Ruang Rawat Inap RSUD Sultan Dg Raja Kabupaten Bulukumba
Published
2018-07-28
Section
Articles