FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI IBU HAMIL UNTUK MEMERIKSAKAN KEHAMILAN

Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah

  • Muhammad Tahir Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Muhammadiyah Sidrap
  • Hasnah Hasnah Program Studi Ners STIKES Muhammadiyah Sidrap
  • Sarmilawati Sarmilawati RSUD Nene Mallomo Kabupaten Sidrap
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Dukungan Kelaurga, Jarak Pelayanan, Kehamilan

Abstract

Pemeriksaan kehamilan merupakan salah satu tahapan penting menuju kehamilan yang sehat. Dengan pemeriksaan kehamilan kita dapat mengetahui perkembangan kehamilan, tingkat kesehatan kandungan, kondisi janin, dan bahkan penyakit atau kelainan pada kandungan yang diharapkan dapat dilakukan penanganan secara dini.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi ibu hamil untuk memeriksakan kehamilannya di Rumah sakit Nene’ Mallomo Kabupaten Sidrap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Analitik Observasional menggunakan pendekatan cross sectional study. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji chi square dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Adapun hasil penelitian ini yaitu ada hubungan pengetahuan dengan motivasi ibu hamil memeriksakan kehamilannya nilai P= 0,001, ada hubungan dukungan keluarga dengan motivasi ibu hamil memeriksakan kehamilannya dengan nilai P=0,018, ada hubungan sikap dengan motivasi ibu hamil memeriksakan kehamilannya nilai P= 0,000  dan ada hubungan jarak pelayanan kesehatan dengan motivasi ibu hamil memeriksakan kehamilannya  dengan nilai P= 0,007. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada tenaga kesehatan dalam memberikan penyuluhan kepada ibu hamil mengenai pentingnya pemeriksaan kehamilan secara rutin serta dijadikan sebagai bahan rujukan  oleh peneliti selanjutnya dalam mengembangkan variabel lain yang berhubungan dengan pemeriksaan ibu hamil

References

Azwar. S. (2011). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Depkes. (2011). Lima strategi operasional turunkan angka kematian Ibu. http://www.depkes.go.id/article/print/1387/lima-strategi-operasionalturunkan-angka-ematian-ibu.html.
Dinarohmayanti, Keintjem, dan Losu. (2014). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Ibu Hamil Melakukan Kunjungan Antenatal Care Di Puskesmas Kauditan Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. https://media.neliti.com/media/publications/91756-ID-faktor-faktor-yang-berhubungan-dengan-mo.pdf
Manuaba, et.al. (2008). Gawat-Darurat Obstetri-Ginekologi dan Obsteri Ginekologi Sosial untuk Profesi Bidan. Jakarta : EGC.
Nasution. (2014). Pengetahuan Ibu Hamil Dan Motivasi Keluarga Dalam Pelaksanaan Antenatal Care Di Puskesmas Ujung Batu Riau.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2012). Profil Kesehatan Indonesia Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.
Komariyah, (2014). Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Pemeriksaan Antenatal Care. Diunduh dari http://perpusnwu.web.id/karyailmiah/documents/3628.pdf.
Kusumo. B.A. (2016). Hubungan antara Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil dengan Kepatuhan Kunjungan ANC. Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakatra.
Pasandang, Ernawati dan Wahyuni, (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keaktifan Ibu Hamil Melakukan Pemeriksaan Kehamilan Pada Trimester II Di Wilayah Kerja Puskesmas Batua Kota Makassar. http://ejournal.stikesnh.ac.id/index.php/jkv/article/download/234/122
Pratitis, Dian & Kamidah. (2013). Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Tanda Bahaya Kehamilan Dengan Kepatuhan Pemeriksaan Kehamilan Di BPS Ernawati, Boyolali. GASTER Vol. 10 No. 2.
Wahyuni. S & Ernawati. (2015). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Ibu Hamil Melakukan Pemeriksaan Kehamilan.
Published
2018-07-28
Section
Articles