HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN AKTIVITAS LANSIA YANG MENDERITA HIPERTENSI

Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah

  • Ishak Kenre Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Muhammadiyah Sidrap
  • Murtini Murtini Program Studi Ners STIKES Muhammadiyah Sidrap
  • Fatmawati Fatmawati Puskesmas Maiwa Kabupaten Enrekang
Keywords: Dukungan Keluarga, Aktivitas Lansia, Hipertensi

Abstract

Hipertensi merupakan satu dari penyakit tidak menular yang mejadi masalah di bidang kesehatan dan sering ditemukan pada pelayanan kesehatan primer yaitu puskesmas. Hipertensi adalah peningkatan tekanan darah sistolik dari 140 mmHg dan diastolik lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat/tenang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dukungan keluarga dengan aktivitas lansia yang menderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Maiwa Kabupaten Enrekang pada tahun 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif analitik menggunakan pendekatan cross sectional study. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji chi square dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Adapun hasil penelitian ini yaitu  terdapat dukungan keluarga yang baik sebanyak 25 responden (78,1%) dengan yang memiliki aktivitas sehari-harinya ketergantungan atau dibantu keluarga sebanyak 18 responden (56,2%), dan ada hubungan dukungan keluarga dengan aktivitas lansia yang menderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Maiwa Kabupaten Enrekang pada tahun 2018 dengan nilai P= 0,011. Disarankan kepada pihak puskesmas agar disarankan untuk mengadakan posyandu lansia untuk meningkatkan kualitas hidup dan dapat dijadikan sarana penyuluhan pada keluarga yang memiliki lansia tentang pentingnya dukungan keluarga sehingga para lansia akan dapat menikmati hari tua mereka dengan tentram dan damai yang pada akhirnya akan memberikan banyak manfaat bagi semua anggota keluarga yang lain.

References

Andar. I. (2008). Menumbuhkan Rasa Peduli akan Orang Lain. Penerbit Bina Anak. Jakarta
Gunawan L. (2009). Hipertensi Tekanan Darah Tinggi. Yogyakarta: Kanisius
Indah Sampelan. (2015). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kemandirian Lansia Dalam Pemenuhan Aktivitas Sehari-Hari Lansia Di Desa Batu Kecamatan Likupang Selatan Kab. Minahasa Selatan.
Irfan, A. (2008). Hipertensi: Faktor Risiko & Penatalaksanaannya. http:// Pjnhk.go.id/content/view/1372/31/.
Noorkasiani, S. & Tamher. (2009). Kesehatan Usia Lanjut Usia Dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan. Jakarta:Salemba Medika.
Nugroho. (2008). Keperawatan Gerontik Dan Geriatric. Jakarta: EGC.
Padila. (2012). Keperawatan Keluarga. Yogyakarta : Nuha Medik
Riskesdas. (2013). Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan. http://www.litbang.depkes.go.id/sites/download/rkd2013/Laporan_Riskesdas2013.pdf
Robbins. (2010). Buku Ajar Patologi. Edisi 7. Volume 2. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Sari, C. (2013). Kemandirian pada Lansia. Jakarta. https://plus.google.com/104536419644851924610/posts.
Shalindra. (2013). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kemandirian Lansia Dalam Pemenuhan Aktivitas Sehari-Hari Di Desa Tualango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Jurnal. Universitas negeri gorontalo.
Stanley, M., Beare, P. G. (2006). Buku Ajar Keperawatan Gerontik. EGC. Jakarta
Udjianti, W. J. (2012). Keperawatan Kardiovaskuler. Jakarta: Salemba Medika.
Published
2018-07-28
Section
Articles