Perbandingan Kualitas Pelayanan Rawat Inap Dengan Rawat Jalan Di Rsud dr. Dradjat Prawiranegara Serang Provinsi Banten

JIKP

  • Tatiana - Siregar Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Nelly Febiani Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
Keywords: kualitas pelayanan, rawat jalan, rawat inap

Abstract

Kualitas pelayanan diberikan oleh sebuah fasilitas pelayanan kesehatan dalam   upaya untuk memenuhi  kebutuhan yang sesuai   keinginan konsumen serta adanya ketepatan dalam cara penyampaiannya agar dapat memenuhi harapan dan kepuasan konsumen, begitupun halnya dengan kualitas pelayanan di rumah sakit. Tujuan penelitian  untuk mengetahui perbedaan persepsi antara pasien rawat jalan dengan rawat inap mengenai kualitas pelayanan yang diberikan oleh RSUD dr. Dradjat Prawirenegara - Serang. Jumlah responden  100 pasien rawat jalan dan 100  pasien rawat inap,  diambil secara purposive sampling. Analisa data dengan Independent T test dan Man Whitney Test, didapat hasil secara parsial  tidak ada perbedaan yang bermakna antara perspesi pasien rawat jalan dengan rawat inap dalam menilai atribut kualitas pelayanan di RSUD dr. Dradjat Prawairanegara Serang dengan masing-masing p value > 0,05 (CI 95%). Reliability (p= 0,128), Responsiveness (p =0,065), Emphaty (p = 0,196), Assurance (p = 0,383), Tangible (p =0,95); serta tidak ada perbedaan yang bermakna antara  persepsi pasien rawat jalan dengan rawat inap mengenai keseluruhan kualitas pelayanan p value = 0,21> 0,05 (CI 95%), Diharapkan kualitas pelayanan rumah sakit lebih ditingkatkan lagi agar masayrakat tidak perlu keluar kota Serang untuk memenuhi kebutuhan pelayanan rumah sakit karena  secara tidak langsung berkaitan dengan finansial masyarakat yang miskin.

References

BPJS Kesehatan. (2015). Ringkasa Eksekutif: Program Management Report and Financial Report on the JKN Program, 2014. www.bpjs-kesehatan.go.id

Dartanto, T., Dharmawan, G. F., Setyonugroho, L. D., Dewi, L. P. R. K., Martiningsih, D., Baros, W. A., & Dhanalvin, E. (2017). Dampak Program JKSN-KIS Terhadap Kemiskinan. Ringkasan Riset JKN-KIS, November. https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/d6a4498ec3f1163a66958ad9f8e2c3c1.pdf

Kemenkes RI. (2014). Kamus Indikator Kinerja Rumah Sakit dan Balai.

Litbang RSUD dr. Drajat Prawairanegara. (2018). Profile RSUD dr. Drajad Prawairanegara. Litbang RSUD dr. Drajat Prawairanegara.

M, Firo. (2016). Pelayanan Dinilai Masih Kurang Baik, RSUD Serang Mendapat Akreditasi Paripurna.

Parasuraman, A., Zithaml, V.A., & Berry, L.L, . (2005). Managing Quality Service in Hospitality Achieve, How Organizations.

Sekretariat, Biro Umum Provinsi Banten., . (2019). Inilah UMK Tahun 2020 di Banten.

Sucahyo, N. (2019). BPJS Kesehatan: Ketika Masyarakat Miskin Membantu Kelompok Mampu. Www.Voaindonesia.Com.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Tjiptono,F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality and Satisfaction (3rd ed.). CV. Andi Offset.

www.kabar-banten.com. (2018). Pelayanan RSDP Dikeluhkan.

www.kompasian.com. (2016). Surat Terbuka Kepada Manajemen RSUD Dr. Dradjat Prawiranegara Serang.

Zeithaml and Bitner. (2003). Service Marketing. Integrating Customer Inc, Across The Firm. The Mc Graw Hill Companies.

Published
2020-12-30
Section
Articles