Pengaruh Pendidikan Kesehatan Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir Terhadap Tingkat Pengetahuan

JIKP

  • Stefanus Timah Universitas Pembangunan Indonesia
Keywords: perawatan tali pusat, pengetahuan, neonatus

Abstract

Neonatus adalah bayi yang lahir 28 hari pertama pada masa ini bayi sangat rentan terhadap penyakit dan infeksi seperti tetanus toxoid setiap tahunnya sekitar 500.000 bayi meninggal karena tetanus toxoid dan 400.000 akibat infeksi bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang perawatan tali pusat bayi baru lahir terhadap pengetahuan dan tindakan ibu nifas hari 1-3 di Puskesmas Ranomut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experiment dengan rancangan one grup pretest-posttest. Tehnik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Besar sampel adalah 30 responden dengan Uji statistik Wilcoxon sign Rank Test tingkat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang perawatan tali pusat bayi baru lahir terhadap pengetahuan dan tindakan ibu nifas 1-3 hari. Kesimpulan Setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang perawatan tali pusat bayi baru lahir maka terdapat peningkatan yaitu pada posttest pengetahuan dalam kategori baik dengan prosentasi 73,3% dan posttest tindakan ibu bayi baru lahir dalam kategori baik dengan prosentasi 66,7%.

References

Aditya. (2016). Pengaruh discharge planning terhadap pengetahuan ibu dalam merawat anak dengan diare di PKU Muhamadiyah Yokyakarta. Yogyakarta. PT Gramedia Jakarta.

Arikunto. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Rineka cipta. Jakarta.

Dyah. (2014). Gambaran pelaksanaan Discharge planning pada ibu postpartum di rumah sakit umum daerah Sleman Yogyakarta. Skripsi. Universitas Muhamadiyah Yogyakarta.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Dalam praktek kebidanan. Jakarta.

Deswani. (2010). Panduan Praktek klinik dan laboratorium keperawatan maternitas. Salemba Medika. Jakarta.

Lombogia. (2017). Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Konsep Teori, dan Modul Praktikum.Edisi I. Indomedia Pustaka. Yogyakarta.

Notoatmodjo. (2010). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka cipta. Jakarta.

Permanasari. (2015). Perbedaan Lama Pelepasan tali pusat antara tertutup dan dibiarkan terbuka. Indomedia Pustaka. Yogyakarta.

Potter. (2010). Fundamentals of Nursing buku 2 edisi 7. Salemba Medika. Jakarta.

Putri, T. A. (2011). Gambaran Pengetahuan Ibu Nifas tentang Perawatan Tali Pusat pada Bayi Baru Lahir di BPS Vitarina Pekalongan Lampung Timur. Journal Kebidanan Vol 4. No 7 Lampung

Rohmayana, 2011. Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap tingkat pengetahuan dan keterampilan ayah dalam perawatan tali pusat bayi baru lahir di RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta. Skripsi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Setiawan. (2013). Pengaruh pendidikan kesehatan disertai buku panduan terhadap pengetahuan dan ketrampilan keluarga dalam perawatan kolostomi di ruang bedah anak RSUP DR. Hasan Sadikin Bandung. Tesis Pascasarjana. Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Syah. (2010). Pengaruh Metode Pendidikan Kesehatan terhadap Tingkat Pengetahuan dan Ketrampilan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

WHO. (2016). Guideline Io: care of the umbilical cored review of the eviden on care umbilical cord, British Colombia. Terjemahan Jakarta

Published
2020-12-30
Section
Articles