Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Keluarga Dengan Risiko Kejadian Stroke Berulang

JIKP

  • Trio Gustin Rahayu Universitas Faletehan
Keywords: pengetahuan, sikap, stroke berulang

Abstract

Pengetahuan keluarga akan mempengaruhi sikap keluarga dalam merawat keluarga yang menderita stroke. Pengetahuan dan sikap yang baik pada saat merawat keluarga dengan stroke diharapkan akan terhindar dari kejadian stroke berulang. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap dengan risiko kejadian stroke berulang. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional di Rumah Sakit dr. Dradjat Prawiranegara Serang Banten dengan sampel 45 menggunakan purposive sampling. Alat ukur menggunakan kuesioner pengetahuan berjumlah 24 pernyataan dan kuesioner sikap berjumlah 18 pernyataan yang sudah dilakukan validitas dan reabilitas oleh peneliti sebelumnya. Analisis data menggunakan uji Chi Square. Dari 26 (58%)  responden mempunyai pengetahuan tinggi dan 19 responden (42%) pengetahuan rendah serta 22 (49%)  responden mempunyai sikap negatif dan sisanya 23 (51%) responden bersikap positif. Dari ketiga karakteristik responden yaitu jenis kelamin, usia dan pendidikan yang mempunyai hubungan bermakna (P value <0,05) terhadap sikap adalah pendidikan. Ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan sikap keluarga terhadap kejadian stroke berulang (p=0,047). Diharapkan petugas kesehatan mampu memberikan pengetahuan tentang stroke pada keluarga sehingga keluarga mampu memberikan perawatan yang baik dan kejadian stroke berulang dapat dihindari

References

Amila, Sinaga, J., & Sembiring, E. (2018). Pencegahan Stroke Brulang Melalui Pemberdayaan Keluarga dan Modifikasi Gaya Hidup. ABDIMAS vol 22 no 2.

Azwar, S. (2010). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dasar, R. K. (2013). Badan Penelitian dan Pengambangan Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan.

Gerungan, W. (2004). Psikologi Sosial. Bandung : PT Refika Aditama.

Irdawati, & Ambarwati, W. N. (2009). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Keluarga dengan Perilaku dalam Meningkatkan Kapasitas Fungsional Pasien Pasca Stroke di Wilayah Kerja Puskesmas Kartasura. Berita Ilmu Keperawatan Vol 2, No 2.

Joel, M. (2003). Patient knowledge and expectations for fubctional recovery after stroke. American Journal of physical medicine & rehabilitation.

Mulyatsih, E., & Ahmad, A. A. (2010). Stroke: Petunjuk Perawatan Pasien Pasca Stroke di Rumah. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Muswanti, I. J. (2016). Hubungan pengetahuan dan sikap dengan perilaku pencegahan komplikasi stroe pada penderita hipertensi usia < 45 tahun di puskesmas Ngemplak Simongan Kota Semarang. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Muttaqin, A. (2008). Kapita Selekta Kedokteran. Jakarta: Media Aesculapius.

Notoatmodjo. (2014). Imlu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2005). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2003). Konsep & Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2011). Peran dan Dokumenasi keperawatan, konsep dan praktek. Jakarta: Salemba Medika.

Ratnawardani, D., Utomo, W., & Safri. (2018). PENGALAMAN KELUARGA DALAM PENANGANAN SERANGAN PERTAMA PADA PASIEN STROKE. JOM FKp, vol 5 no 2.

Safitri, F. N. (2012). Resiko Stroke Berulang dan Hubungannya dengan Pengetahuan dan Sikap Keluarga. Jurnal unpad, Vol 1 No 1.

Sari, I. P. (2015). Faktor Faktor yang Berhubungan dengan Terjadinya Stroke Berulang pada Penderita Pasca Stroke.

Semet, G. R., Kembuah, M. A., & Karema, W. (2016). Gambaran Pengetahuan stroke pada penderita dan keluarga di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jurnal e-Clinic (eCI), Volume 4, Nomor 2.

Smeltzer, Suzanne, C., & Brenda, G. (2002). Buku ajar keperawatan medikal bedah (Ed 8, vol. 1,2). Jakarta: EGC.

Sonatha, B. (2012). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Sikap Keluarga dalam Pemberian Perawatan Pasien Pasca Stroke.

Videbeck, S. (2001). Psychiatric Mental Health Nursing. America: Lippincott Williams & Wilkins.

Published
2020-12-30
Section
Articles