Hubungan Pola Asuh Orangtua Terhadap Perilaku Bullying Di SMA Al-Mas’udiyah Cigondewah Hilir Kabupaten Bandung

  • Lisbet Octovia Manalu Program Studi Sarjana Keperawatan, STIKes Rajawali
  • Sinta Siti Patimah Program Studi Sarjana Keperawatan, STIKes Rajawali
  • M Sandi Haryono Program Studi Sarjana Keperawatan, STIKes Rajawali
Keywords: Pola asuh orangtua, Remaja, Perilaku Bullying

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pola asuh orangtua dan perilaku bullying pada remaja di SMA AL-Mas’udiyah Kabupaten Bandung Kecamatan Margaasih dan untuk menganalisis hubungan pola asuh orangtua dengan perilaku bullying pada remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional dengan menggunakan Uji Marginal Homogeniti.. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 responden yang diambil dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah Parental Authority Quesionare dan Owleus Bully Victim Quesionare. Hasilnya  terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara pola asuh orangtua terhadap perilaku bullying pada remaja di SMA Al-Mas’udiyah Cigondewah Hilir Kabupaten Bandung Margaasih dengan nilai p <α (0,001 < 0,05). Sarankan agar pihak sekolah untuk melakukan pengawasan yang lebih lagi untuk mencegah atau mengurangi sedini mungkin dampak buruknya.

References

Agustiani Hendriati (2009). Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kaitnnya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung; PT Refika Aditama;

Annisa. ( 2012 ). Hubungan antara Pola Asuh Ibu dengan Perilaku Bullying Remaja. Universitas Indonesia. Depok.

Astuti Endang Sri, dkk.( 2010). Bahan Dasar untuk Pelayanan Konseling pada satuan Pendidikan Menengah Jilid 1. Jakarta; PT Garsindo;

Dharma. KK.(2011). Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta; CV. Trans Info Medika.

Deri Irmansyah, Apriliawati Anita. Hubungan Dukungan Orangtua dengan Resiliensi Remaja dalam menghadapi Perilaku Bullying Di Smpn 156 Kramat Pulo Gundul Jakarta Pusat. 2016. ( Diperoleh pada tanggal 1 Januari 2019 dari). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/ijnsp/article/download/2697/2315

Efendi Ferry, Makhfudli.(2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta; Salemba Medik.

Febriyanty Sally, Kanine, Bidjuni. (2015). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Perilaku Bullying pada Remaja SMK Negeri1 Manado. Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Hamilton. Persis Marry. ( 2014). Dasar-Dasar Keperawatan Maternitas Edisi 6. Jakarta; EGC;

Habibi MA Muazar.(2018) Analisa Kebutuhan Anak Usia Dini Buku Ajar S1 PAUD. Yogyakarta; Deepublish.

Hidayat A.Aziz Alimul.(2017) Metodelogi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan. Jakarta; Salemba Medik..

Komisi Perlindungan Anak. Indonesia Peringkat Tertinggi Kasus Kekerasan di Sekolah. 2017. http://www.kpai.go.id/berita/catatan-akhir-tahun-kpai-meneropong-persoalan-anak-2

Komisi Perlindungan Anak. Perundungan Urutan Keempat Kasus Kekerasan Anak. 2018. http://www.kpai.go.id/berita/kpai-perundungan-urutan-keempat-kasus-kekerasan-anak

Muhith Abdul.(2015) Pendidikan Keperawatan Jiwa Teori dan Aplikasi. Yogyakarta; CV ANDI OFSET.

Nur Ari Husaini.(2013) Hubungan antara Persepsi Jenis Pola Asuh Orangtua terhadap Risiko Perilaku Bullying Siswa di SMA Trguna Utama Ciputat. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 3. Jakarta; Salemba Medika.

Notoatmodjo Soekidjo.(2014) Kesehatan Masyarakat. Jakarta; Rineka Cipta.

Notoatmodjo Soekidjo.(2012) Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta; Rineka Cipta.

Priyatna Andry.(2010). Memahami Mencegah dan Mengatasi Bullying. Jakarta; PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Said A.Mustofa.(2017). Buku Pintar Mendidik Remaja. Pereng; Semesta Hikmah.

Saryono.(2013). Metodologi Penelitian Kualitatin Dan Kuantitatif Dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta; Nuha Medika.

Sejiwa.(2008) Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta; Grasindo.

Sri Esti Wuryani.(2002). Psiklogi Pendidikan. Jakarta; Grasindo.

Sugijokanto Suzie (2014).. Cegah Kekerasan pada Anak. Jakarta; PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Kuantiatif, Kualitatif dan R&D. Bandung; PT Alfabet.

Supartini.(2002). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta; EGC.

Susanto Ahmad.(2015). Bimbingan Konseling. Jakarta; Prenadamedia Group.

Naswi Rusdin.(2017). Perilaku Kebijakan Organisasi. Makassa; CV Sah Media; 2017.

Zan Herri Pieter, dkk.(2011). Pengantar Psikopatologi untuk Keperawatan. Jakarta; Prenada Media Group.

Published
2019-12-30
Section
Articles