Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa D3 Keperawatan Akper Kaltara Tarakan Semester V Tahun 2018

  • Sriargianti Amir Akademi Keperawatan Kaltara Tarakan
Keywords: Motivasi belajar, Prestasi akademik

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa D3 Keperawatan Akper Kaltara Tarakan Semester V Tahun 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional study dengan jumlah sampel 50 orang. Hasil penelitian menggunakan uji gamma didapatkan nilai signifikan (p) = 0.000, sehingga dengan demikian Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh motivasi belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa mahasiswa D3 Keperawatan Akper Kaltara Tarakan Semester V Tahun 2018. Kesimpulan Mayoritas motivasi belajar dan prestasi akademik mahasiswa Akper Kaltara Tarakan pada tingkat yang kurang namun prestasi memuaskan. Untuk meningkat prestasi yang cumlaud harus ditunjang lagi dengan menumbuhkan motivasi yang cukup. Saran Perlunya pihak kampus melakukan penelitian lebih lanjut tentang kebutuhan mahasiswa yang dapat memacu prestasi belajar mahasiswa dengan memperhatikan berbagai faktor.

References

Burhanuddin dan Makin. (2009). Pendidikan Humanistik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Depkes RI. (2007) Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan di Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI.

Goleman D. (2002). Working With Emotional Intelligence. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. (Terjemahan Alex Tri Kantjono Widodo). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Harahap, Sofyan S. (2006). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kpolovie, P. J., Joe, A. I., & Okoto, T. (2014). Academic Achievement Prediction: Role of Interest in Learning and Attitude towards School. International Journal of Humanities Social Sciences and Education.

Notoatmodjo. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi Revisi Jakarta: Rineka Cipta.

Pratiwi SS. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fakultas Mahasiswa Fakultas Ekonomi Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi: Kajian Ilmiah Bidang Pendidikan Dan Ekonomi Volume 6. UNY

Purwanto N. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmawati, Marono T. (2015). Perilaku Menyontek Ditinjau Dari Orientasi Tujuan Belajar Siswa SMA/MA di Surakarta, hhtp://snpe.fkip.uns.ac.id

Sastria, A & Muhammad, A. (2018). Perbandingan Metode pembelajaran Active Learning dengan Metode Pembelajaran ceramah terhadap motivasi belajar mahasiswa keperawatan di STIKES Muhammadiyah Sidrap tahun 2017. Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah Vol. 7 No. 2. 126-131. https://stikesmu-sidrap.e-journal.id/JIKP/article/view/39

Sofwan A & Mujiyati M. (2017). Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di Indonesia Jurnal Konselor Volume 6: Universitas Negeri Padang http://ejournal.unp.ac.id

Titin P. (2017). Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Memproses Perjalanan Dinas Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul Semester Gasal tahun ajaran 2016/2017.

Umboh ER, Billy K, Rivelino S. Hamel. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Keperawatan. Volume 5. Universitas Sam Ratulangi

Published
2019-12-28
Section
Articles