Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Pemberian Asi Ekslusif Pada Bayi Di Puskesmas Biak Kota

  • Sitti Herliyanti Rambu STIKES Amanah Makassar
Keywords: Dukungan Keluarga, ASI Eksklusif

Abstract

Keberhasilan ibu dalam memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan tidak lepas kaitannya dari dukungan dan peran keluarga yang selalu memberikan semangat dan kepedulian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Pemberian ASI Eksklusif  Pada Bayi di Puskesmas Biak Kota Tahun 2019.Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan rancangan cross sectional study. Cross sectional study merupakan desain penelitian yang dimaksudkan untuk melihat hubungan antara variabel independen (dukungan keluarga) dengan variabel dependen (pemberian ASI Eksklusif) pada waktu yang bersamaan di Puskesmas Biak Kota. Sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Pemberian ASI Ekslusif di Puskesmas Biak Kota dengan nilai p = 0,006 (<0,05). Oleh karena itu, keluarga di harapkan memberikan dukungan terhadap ibu dalam  pemberian ASI eksklusif.

References

Anggorowati, (2011). Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Pemberian Asi Eksklusif pada bayi di Desa Bebengan Kecamatan Boja Kabupaten Kendal.

Alianmoghaddam, N., Phibbs, S., & Ben, C. (2017). Resistance to Breastfeeding: A Foucauldian Analysis of Breastfeeding Support from Health Professionals. Woman and Birth. 645 (1). 1-11.

Bano-Pinero, I., dkk. (2017). Impact of Support Networks for Breastfeeding: A Muticentre study. Woman and Birth. 722 (1). 1-6.

Maryunani, (2012). Ilmu Kesehatan Anak Dalam Kebidanan. Jakarta: CV. Trans Media Info.

Kemenkes RI. (2017). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Dinas Kesehatan Biak Numfor.2019.Laporan Gizi Puskesmas Biak Kota

Astutuik, R. Y. (2014). Payudara dan Laktasi. Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, Soekijdo S. (2013). Metodologi Penelitian Kesehatan, Ed. Rev. Jakarta. Rineka Cipta.

Novaria, (2012). Hubungan Pemberian ASI Ekslusif dengan Kejadian Wasting pada Anak di Bawah Dua Tahun di Kabupaten Aceh Besar. [Tesis]. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada; 2012.

Sitepoe Mangku, (2013). ASI Eksklusif Arti Penting Bagi Kehidupan. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media

Sodikin, (2012). Asuhan Keperawatan Anak Gangguan Sistem Gastrointestinal. Jakarta: EGC

Sudiharto, (2012).Dampak air susu ibu terhadap infeksi. Jakarta: Sari Pediatri.

Zainudin (2012) Konsep dan Proses Keperawatan Keluarga. Surabaya : Graha Ilmu

Published
2019-12-30
Section
Articles