Determinan Perilaku Seks Bebas Pada Kalangan Mahasiswa/Mahasiswi Di Tempat Kos-Kosan Di Kota Makassar

  • Farida Farida STIKES Mega Buana Palopo
Keywords: Seks bebas, Komunikasi orang tua, Religiusitas, Teman sebaya, Media social

Abstract

Perilaku seks bebas adalah tingkah laku yang didorong oleh hasrat seksual yang dilakukan oleh dua orang, pria dan wanita diluar perkawinan yang sah. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi secara mendalam mengenai perilaku seks bebas di kalangan mahasiswa dan mahasiswi yang indekos. penelitian ini adalah bersifat kualitatif  dengan pendekatan fenomenologi yang merupakan pendekatan yang menelaah pola kehidupan nyata yang kontemporer yang akan melihat fenomena prilaku seks bebas di kalangan mahasiswa dan mahasiswi yang indekos. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hal-hal yang menyebabkan terjadinya perilaku seks bebas di kalangan mahasiswa dan mahasiswi kos dikelurahan antang berkaitan dengan media elektronik maupun media cetak yang memberikan pengaruh untuk melakukan seks bebas setelah melihat atau membaca.selain itu juga kurangnya pengawasan dari orang tua serta pemilik kos sehingga mahasiswa dan mahasiswi bebas untuk memanfaatkan kos terebut, dalam penelitian ini di temukan bahwa teman sebaya pun berperan dalam menjerumuskan mahasiswa dan mahasiswi dalam perilaku seks bebas, di samping itu Agama pun sangat berperan penting dalam terjerumusnya mahasiswa dan mahasiswi ke perilaku seks bebas karena kurangnya pondasi keimanan yang mereka miliki sehingga mudah untuk terpengaruh.Kesimpulan dari hasil penelitian ini di temukan bahwa pengaruh dari perhatian orang tua,medi,teman sebaya serta agama mempunyai peran penting dalam mempengaruhi mahasiswa dan mahasiswi untuk melakukan perilaku seks bebas di kos-kosan, perhatian orang tua yang terkontrol tidak menjamin anak tidak melakukan perilaku seks bebas di kos-kosan. Diharapkan semua pihak baik orang tua masyarakat ,pemilik kos-kosan ikut peduli menekan perilaku kenakalaan remaja seperti perilaku seks bebas dengan rutin melakukan razia di kos-kosan serta orang tua lebih mengontrol lagi anak-anak mereka yang tinggal jauh sehingga harus kos.

 

References

Andisti A.M,R., Ritandiyono. (2011). Religiusita dan perilaku seks bebas pada dewasa awal. Naskah Publikasi Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma, Jawa Barat.

Ana, S. (2010). Perilaku seks pranikah dikalangan remaja universitas sebelas maret Surakarta,Surakarta.

Aning Prihatinigrum. (2015). Hubungan Antaraa Komunikasi Seksual Orang Tua Remaja Dan Perilaku Seksual Berisiko Pada Mahasiswa Universitas Negri Yogyakarta ,Universitas Negri Yokyakarta.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda.

Ibrahim. (2015). Metodologi penelitian kualitatif, Bandung : Alfabeta.

Depkes RI. (2001), Kesehatan Reproduksi Remaja, Jakarta

Dian Nugraha, Boyke, What Teenagers Want to Know About Sex, Terj.Mira T. Windy,Jakarta: PT. Bumi Aksara, 200

Fauzi F.Z, dan Indrijati H. (2014). Hubungan Antara Komunikasi Orang Tua Dan Anak Tentang Seksual Dengan Persepsi Remaja. Jurnal Psikologi Kepribadian Dan Social , Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya.

Gunarsa Y.S.D. (2011). Pisikologi remaja, Jakarta :gunung mulia.

Maria S. (2010). Hubungan Religiusitas Intrisik Dan Ekstrisik Terhadap Perilaku Seksual Pranikah . Skripsi (Tidak Diterbitkan ). Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Depok.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakary Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta

Nuraeni E, Qodariah S. (2011). Profil peran teman sebaya , religiusitas dan perilaku seksual pranikah pada mahasiswa . fakultas pisikologi universitas islam: bandung.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Saryono ,Aggraeni, (2011). Metodologi penelitian kualitatif dalam bidang kesehatan.yogjakarta : nuha medika.

Santrock, J. W. (2011). Live span development : perkembangan masa hidup : Jakarta : penerbit erlangga

Susanti. (2012). Hubungan Jenis Kelamin Keterpaparan Media Dan Pengaruh Teman Sebaya Dengan Perilaku Seks . Skripsi :Universitas Indonesia. Depok.

Rony, Setiawan. (2008). Pengaruh Pacaran Terhadap Perilaku Seks Pranikah,Vol,1,No.2 http://ejournal-unisma.net/ojs/index.php/soul/article/viewFile/720/644

Rosmawati. (2014). Penggunaan Media Social (Facebook Dan Tweter) Terkait Dengan Pencarian Informasi Kesehatan Oleh Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatra Utara.Skripsi Medan:Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatra Utara.

Rosyada, Dede. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada

Saryono ,Aggraeni, (2011). Metodologi penelitian kualitatif dalam bidang kesehatan.yogjakarta : nuha medika

Sunaryo. (2006). Psikologi untuk Keperawatan. EGC: Buku Kedokteran.

Sarwono. (2011). Ilmu Kebidanan. Jakarta: PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo

Published
2020-08-03