HUBUNGAN ANTARA PERILAKU MEROKOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK SIPIL MUHAMMADIYAH MAKASSAR ANGKATAN 2016

Jurnal Ilmiah Kesehatan Iqra

  • Wahyudi Wahyudi Departemen Ilmu Bedah, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Risna Ramadanti Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Perilaku merokok, Prestasi Belajar, Mahasiswa

Abstract

Kebiasaan menghisap tembakau yang lama berpengaruh terhadap kesehatan fungsi otak dan psikis. Kandungan yang terdapat di dalam sebatang rokok yaitu nikotin, memiliki efek pada otak sehingga menyebabkan ketergantungan dan toksisitas sehingga menimbulkan gejala kesulitan konsentrasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara perilaku merokok terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Makassar angkatan 2016. Metode penelitian ini adalah penelitian cross sectional dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Besar sampel pada penelitian ini adalah 59 responden yang berasal dari Jurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Makassar angkatan 2016. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis data dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan distribusi perilaku merokok pada mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Makassar, terdapat 15 responden dengan perokok ringan, 9 responden dengan perilaku merokok sedang dan 35 responden dengan perilaku merokok berat.dan berdasarkan hasil belajar didapatkan 44 responden dengan nilai kurang memuaskan dan 9 responden dengan nilai memuaskan. Hasil analisis menggunakan uji chi-square menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan (p <0.05) antara perilaku merokok terhadap prestasi belajar denganĀ  nilai p =0.000.

References

Adriani L. (2010). Pengaruh Nikotin Terhadap Aktivitas Dan Fungsi Otak Serta Hubungan Dengan Gangguan Psikologi Pada Pecandu Rokok.
Agus Alamsyah, Napianto. (2017). Determinan Perilaku Merokok Pada Remaja, Journal Endurance 2(1):25-30.
Agustina S. (2013). Suatu Kajian Molekular Ketergantungan Nikotin, 1(2): 118-127
Arif Wibowo Tri Junianto, Yudik Prasetyo. (2014). Hubungan Tingkay Kecanduan Nikotin Dengan Kebugaran Jasmani Mahasiswa Teknik Otomotif.; Medikora.
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar [Internet]. Kementrian Kesehatan RI.
Harlod L. Kaplan, M.D, Benjamin J. Sadock, M.D, Jack A. Grebb, M.D. (2010). Synopsis Psikiatri: Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis Jilid Satu. Tangerang: Binarupa Askara.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesi. (2017). GERMAS: Hidup Sehat Tanpa Rokok.
Liana Asnita, dkk. (2015). Hubungan Tingkat Stres dengan Harga Diri Remaja di Lembaga Permasyarakatan,.
Lula Nadia. (2016). Pengaruh Negatif Merokok terhadap Kesehatan dan Kesadaran Masyarakat Urban, Muhammad Widiansyah. (2014). Faktor-faktor Penyebab Perilaku Remaja Perokok di Desa Sidorejo, Kabupaten Penajam Paser Utara.
Makuan, S. E.(2012). Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap tentang Bahaya Merokok bagi Kesehatan dengan Tindakan Merokok Pelajar SMK Kristen Kawangkoan.
Muhammad Widiansyah. (2014). Faktor-faktor Penyebab Perilaku Remaja Perokok Di Desa
Noni Hilda, dkk. (2017). Hubungan antara Tingkat Stres Dengan Perilaku Merokok Pada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi.
Pasha Nandaka Fauziah, dkk. (2016). Menangani Stres Remaja dengan Dukungan Sosial Teman Sebaya.
Parrot, A. 2004. Ciggarette Smoking Causa Strees. Mineapolis. Burgess Publishing Company.
Santi. (2013). Hubungan Pengetahuan Tentang Rokok Dengan Sikap Terhadap Bahaya Merokok Pada Siswa SMK Batik 1 Surakarta Naskah Publikasi.
Setyanda, G.o.Y., Sulastri, D., Lestari Y.(2015). Hubungan Merokok Dengan Kejadian Hipertensi Pada Laki-Laki Usia 35-65 Tahun di Kota Padang.
WHO, Global Youth Tabacco Survey (GYTS): Indonesia Report 2014
Published
2019-09-17
Section
Articles