PERSEPSI DOSEN TERHADAP PEMBENTUKAN ACADEMIC HEALTH CENTER DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Jurnal Ilmiah Kesehatan Iqra

  • Yasser Ahmad Fananie Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Arlina Dewi Magister Manajemen Rumah Sakit, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Winny Setyonugroho Magister Manajemen Rumah Sakit, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Keywords: Academic Health Center, Fakultas Kedokteran, Persepsi dosen.

Abstract

UU no.20 tahun 2013 tentang pendidikan kedokteran mengarahkan bahwa peran fakultas kedokteran selain sebagai produsen juga berperan dalam meningkatan kualitas pelayanan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Academic Health Center (AHC) adalah suatu organisasi yang dibuat dengan tujuan terjadinya sinergi antara perguruan tinggi, RS. pendidikan, dan regulator. Dosen sebagai salah satu komponen penting dalam suatu fakultas kedokteran akan menjadi komponen penggerak jika ingin dibentuk AHC di fakultas kedokteran Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan dosen dalam mewujudkan Academic Health Center di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif cross sectional dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada seluruh dosen fakultas kedokteran universitas muhammadiyah makassar. Data akan dianalisis untuk mengetahui pengetahuan dan sikap para dosen terhadap AHC. Hasil yang diperoleh bahwa hampir ½ dari responden belum pernah mendengar tentang AHC. Hanya sebagian kecil dosen yang memiliki pengetahuan yang cukup tentang AHC. Tetapi sebagian besar dosen bersedia untuk mencari informasi lebih banyak tetang AHC dan bersedia berkontribusi dalam pembentukan AHC. Sikap para dosen setuju dengan peran AHC yang akan dapat bemanfaat bagi sistem kesehatan di Indonesia. AHC dinilai mampu mengatasi masalah-masalah akibat dari perubahan lingkungan di dunia kesehatan. Persepsi para dosen tentang AHC yang positif perlu diimbangi dengan pengetahuan yang mumpuni dari para dosen.

References

Barrett, D. J. (2008). The evolving organizational structure of academic health centers: The case of the University of Florida. Academic Medicine 83, 804-808.
Berwick, D. M. (2008). The triple aim: care, health, and cost . Health affairs 27, 759-769.
Blumenthal, D. (2005). Academic health centers: Current status, future challenges. The Academic Health Center: leadership and performance. Cambridge: Cambridge University Press.
Bowman, R., & Grouse, B. J. (2003). Community‐driven Medical Education: The Rural Component. The Journal of Rural Health, 19(3), 214-217.
Care, C. o. (2005). Quality through collaboration: The future of rural health care. National Academies Press.
Chaudhry, B. W. (2006). Systematic review: impact of health information technology on quality, efficiency, and costs of medical care. Annals of internal medicine 144(10), 742-752.
Fang, D. K. (2015). Quality improvement in academic medical centres: a resident perspective. . BMJ Qual Saf, pp.bmjqs-2015.
Gamm, L. H. (2003). Rural healthy people 2010: A companion document to healthy people 2010.
Gilbert, A. H. (2012). Perceptions of junior doctors in the NHS about their training: results of a regional questionnaire . BMJ Qual Saf, pp.bmjqs-2011.
Gold, B. E.-H. (2016). Integrating quality improvement and continuing professional development at an academic medical center: A partnership between practice plan, hospital, and medical school. . Journal of continuing education in the health profession, 307-315.
Li, J. R. (2005). Delivering distance training to rural health care professionals. Medical reference services quarterly 24(1), 41-54.
McCloskey, K. (2000). Library outreach: addressing Utah's “digital divide”. Bulletin of the Medical Library Association, 88(4), 367.
McDuffee, D. (2000). AHEC library services: From circuit rider to virtual librarian. Bulletin of the Medical Library Association 88(4), 362.
Medicine, I. o. (2004). Academic health centers: leading change in the 21st century . Academic Emergency Medicine 11(7), 802-806.
Ovseiko, P. V. (2010). Organizational models of emerging academic health science centers in England . Academic Medicine 85, 1282-1289.
Rabinowitz, H. D. (2001). Critical factors for designing programs to increase the supply and retention of rural primary care physicians . Jama, 286(9), 1041-1048.
Rabinowitz, H. D. (2005). Long-term retention of graduates from a program to increase the supply of rural family physicians. Academic Medicine 80(8), 728-732.
Schwartz, M. D. (2012). Health care reform and the primary care workforce bottleneck. Journal of general internal medicine 27, 469-472.
Shomaker, T. S. (2011). Commentary: Preparing for health care reform: Ten recommendations for academic health centers. Academic Medicine 86, 555-558.
Statistik, B. (2014.). Persentase Penduduk Daerah Perkotaan menurut Provinsi 2010-2035. Retrieved Nov 29, 2018, from https://www.bps.go.id/statictable/2014/02/18/1276/persentase-penduduk-daerah-perkotaan-menurut-provinsi-2010-2035.html
Statistik, B. a. (2013). Proyeksi Penduduk Indonesia 2010-2035. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Wartman, S. A. (2008). Toward a virtuous cycle: the changing face of academic health centers. Academic Medicine 83, 797-799.
Published
2019-09-17
Section
Articles